Apa itu pipa PPR ?

Pipa PPR merupakan pipa dengan bahan Poly Propylene Random yang banyak digunakan dalam keseharian kita, dalam hal saluran air terutama, serta untuk saluran bahan kimia. Pipa jenis ini mempunyai beberapa varian warna yang dapat menjadi pilihan Anda. Pipa jenis ini biasanya banyak digunakan dalam pembuatan saluran air panas untuk jaringan perpipaan perumahan, industri, rumah sakit, hotel, apartemen atau sistem pendingin ruang AC. Selain untuk saluran air panas, pipa ini digunakan untuk saluran air dingin dengan tekanan yang cukup besar, berbeda dengan saluran pipa biasa yang dapat dikendalikan dan ditampung dengan pipa PVC. Dalam hal ketebalan dan daya tahan terhadap tekanan, pipa yang satu ini jauh lebih bisa diandalkan dibandingkan dengan pipa PVC, terlebih lagi dalam hal daya tahan terhadap panas. Berikut di bawah ini adalah beberapa hal yang sebaiknya kita ketahui mengenai pipa air panas dan air dingin.

  1. Jenis
    Jenis pipa PPR sendiri ada beberapa macam. Sama halnya dengan pipa PVC, pipa poly propylene random juga dibagi ke dalam kelompok dengan berdasarkan ketebalan, kemudian berdasarkan pengelompokkan ini kemudian kita akan bisa membaginya berdasarkan kegunaannya. Jenis yang pertama adalah PN 10 yakni pipa untuk air panas. PN 16 adalah pipa untuk air dingin maupun air panas. Sedangkan jenis terakhir yakni PN 20 juga ditujukan untuk pipa air panas. Ketiganya berbeda dalam hal ketebalan yang akan menentukan seberapa besar tekanan yang mampu ditahannya. Sedangkan untuk hal ukuran panjang, pipa ini masih sama dengan pipa PVC yakni 4 meter rata-rata.
  1. Pemasangan
    Pemasangan pipa ppr ini dapat dikatakan sangat mudah karena dipasang dengan menggunakan alat yang cukup canggih. Alat ini akan membantu memanaskan pipa sehingga mudah untuk dibentuk dan disambungkan. Pemasangan pipa dengan sistem heat fushion ini banyak dinilai cukup mudah sehingga banyak pula yang menggunakan pipa ini sebagai salah satu pilihan dalam material bangunan.
  1. Keunggulan
    Sebagai salah satu jenis pipa yang paling banyak digunakan, tentunya pipa poly propylene random mempunyai beberapa keunggulan yang dimiliki dibandingkan dengan pipa jenis thermoplastic yang lain. Sesuai dengan sifatnya yaitu thermoplastic, pipa poly propylene random dapat didaur ulang. Akan tetapi, di Indonesia sendiri belum marak dalam hal pendaurulangan pipa karena daur ulang pipa dinilai memakan biaya yang cukup banyak dibandingkan dengan biaya membeli pipa baru.

Selain sifatnya yang thermoplastic, pipa poly propylene random merupakan pipa yang aman untuk distribusi air bersih karena merupakan salah satu pipa dengan standar food grade. Hal ini menunjukkan bahwa bahan pembuat pipa tidak berbahaya jika aliran dalam pipa merupakan zat yang digunakan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya atau untuk dikonsumsi manusia. Dengan adanya standar food grade ini, banyak yang telah membuktikan bahwa pipa ppr merupakan pipa yang tahan karat dan dapat mengalirkan air dengan kecepatan yang cukup fantastis.Pipa ppr memang merupakan pipa yang aman bagi makanan. Akan tetapi, pipa ini juga merupakan pipa yang tahan terhadap bahan kimia, paling tidak, tahan terhadap alkali dan basa. Ini dapat dimanfaatkan untuk pengaliran bahan kimia. Selain itu, karena lambatnya perambatan panas dalam pipa ini, maka air panas dapat bertahan tetap panas selama proses distribusi melalui pipa PPR ini.

Pipa PPR cocok digunakan pada semua jenis proyek untuk instalasi :

  • Air Panas
  • Air Bersih
  • Air Minum
  • Air Chiller / AC
  • Air Kimia
  • Dan lain-lain

Demikian sedikit ulasan tentang pipa PPR. Semoga bermanfaat salam sukses dari kami.

 

Leave a Reply

Sewa Mobil Raja SEO Murah Jasa SEO Murah Pipa HDPE Ki SEO Rental Mobil Mewah Pembesar Penis Bisnis Baru Pendaftaran Paytren Distributor Pipa HDPE Promo Mobil Honda Solo Peluang Usaha Baru Peluang Bisnis Baru Jasa Prewedding Bitcoin Mining Trading Forex