Jenis Flange Berdasarkan ANSI (American National Standar Institute)

Kali ini Kita akan membedakan  flange dari  bentuk dan kegunaan nya berdasarkan ANSI (American National Standar Institute)

1. Flange Tipe Weldneck Flange jenis ini memiliki ciri yang menonjol karena penyambungan flangenya menggunakan las. Flange jenis ini biasanya paling banyak digunakan dalam bentuk plant.Karena sifatnya mudah di sambung dan dapat di gunakan di tekenan (pressure) tinggi baik untuk temperature rendah atau tinggi.
flange pipa2. Flange Tipe Slip-on dan Lap Joint Kedua flange ini sama- sama memasukan pipa utama ke dalam flange,bedanya kalau slip-on pipa tidak sampai keluar dari flange.Sedangkan tipe lap joint sisi pipanya keluar dari flange.
Flange pipa3. Flange Tipe Threaded (ullir) Flange ini memiliki tipe penyambungan menggunakan ulir,biasanya digunakan untuk sitem yang sangat rawan kebakaran kalau menggunakan las dan harga nya terjangkau.
flange

4. Flange Tipe Socket Socket Flange jenis flange ini mirip dengan slip on tetapi yang membedakan terletak pada sisi luar pada flange ini terdapat tahanan yang menyebabkan pipa yang d masukkan kedalam tidak tembus.
Flange

Baca juga: Mesin penyambung pipa HDPE

5. Reducing Flange Reducing Flange memiliki fungsi untuk menggabungkan pipa yang memiliki ukuran diameter berbeda.
flange pipa

6. Blind Flange (Flange Buta) Flange ini berfungsi untuk menutup aliran seperti fitting end cap, jenis flange ini rata sehingga berfungsi untuk menutup yang biasanya sebagai maintenance untuk kemudian hari.

Blind Flange