5 Bagian Penting dalam Mesin Pipa HDPE yang Harus Pengguna Tahu

5 Bagian Penting dalam Mesin Pipa HDPE yang Harus Pengguna Tahu. Mesin HDPE dikenal dengan istilah welding machine HDPE pipe yang memiliki kegunaan untuk membantu menyambung pipa HDPE atau high density polyethylene. Alat ini memungkinkan antar pipa atau disebut fitting HDPE tersambung satu sama lainnya. Biasanya alat ini menggunakan metode pelelehan dengan cara dipanaskan sehingga bagian sambungan akan bersenyawa sempurna.

Persenyawaan sempurna terjadi pada saat proses penyambungan bahan polietilena dengan densitas tinggi. Proses ini memungkinkan bagian sambungan menyatu dengan sempurna dan tanpa sekat sehingga tidak mudah mengalami kebocoran di bagian sambungan. Biasanya, alat ini disediakan dalam satu set lengkap. Ada beberapa bagian penting yang harus diketahui pengguna agar tidak salah menggunakannya.

Pemanas Teflon

Pemanas teflon dalam mesin pipa HDPE berguna untuk melelehkan bagian atau aksesoris yang akan diaambung. Alat ini memiliki dua pemanas anti lengket yang terletak di bagian kanan dan kiri. Tujuannya agar proses pemanasan bisa berlangsung sekaligus dua sisi dari yang ingin disambung.

Bagian ini juga terhubung dengan panel monitor yang memiliki fungsi untuk memonitor suhu ideal sebelum proses pelelehan. Panel monitor dilengkapi dengan penghitung waktu yang bisa dimanfaatkan untuk menghitung berapa lama proses berlangsung.

Mesin Penyerut

Mesin Penyerut yang ada di mesin pipa HDPE memiliki fungsi untuk merapikan sekaligus mensejajarkan permukaan atau fitting pipa HDPE yang akan disambung. Prosedurnya sendiri hampir sama dengan mesin pemanas teflon. Mesin Penyerut juga memiliki dua panel yang bekerja di saat bersamaan.

Selain itu, mesin penyerut dilengkapi dengan mata pisau yang akan meratakan dua ujung pipa dalam waktu cepat dan singkat. Apabila prosedur ini dilakukan dengan baik dan benar, maka sambungan yang dihasilkan akan berkualitas bagus dan memperlancar proses penyambungan.

Baca Juga Artikel Ini : Jenis - Jenis Pipa HDPE Surabaya Yang Perlu Anda Ketahui

Ragum Penstabil Posisi Pipa

Regum penstabil posisi pipa memiliki fungsi menjaga posisi pipa atau fitting yang bergerak untuk proses pemanasan, penyerutan, dan penyambungan. Bagian ini mempunyai penguncian dratting dengan rel yang ada di bawah mesin pipa HDPE yang berguna untuk menggerakkan pipa atau fitting HDPE yang akan disambung.

Mesin Hydraulict

Dalam beberapa proses penyambungan mesin Hydraulict atau pendorong manual berguna untuk menggerakkan maju mundur pipa atau fitting HDPE. Seperti saat proses pemanasan, penyerutan, dan penyambungan itu sendiri.

Monitor Panas dan Waktu

Sedikit dijelaskan di atas, bagian dalam mesin pipa HDPE memiliki fungsi untuk mengetahui seberapa tinggi suhu alat pemanas sebelum digunakan untuk melelehkan ujung pipa atau fitting HDPE dalam proses penyambungan.

Itulah lima bagian penting dalam mesin HDPE yang harus dikuasai oleh penggunanya. Untuk itu penting adanya pemahaman agar tidak salah dalam proses penyambungan pipa HDPE. Apalagi ada dua jenis mesin HDPE untuk mendukung pengerjaan, yaitu manual dan otomatis. Kedua jenis mesin ini hanya dibedakan dari cara menggerakkan pipa pada saat proses penyambungan.

Bagi Anda yang ingin menggunakan pipa HDPE sebagai saluran air dan bingung menyambungkannya, serahkan saja pada tenaga ahli yang dimiliki oleh kami, CV. Karya Pelita. Kami bukan hanya menyediakan layanan pemasangan dan perawatan pipa HDPE, tetapi juga menyediakan jasa kontraktor serta menjadi supplier resmi dan jaminan aman dari mesin pipa HDPE. Harga yang ditawarkan dijamin terjangkau dan melayani seluruh Indonesia.

5 Bagian Penting dalam Mesin Pipa HDPE yang Harus Pengguna Tahu

error: Content is protected !!