Berbagai Jenis Fitting HDPE

Fitting HDPE merupakan aksesoris pipa yang diperlukan sebagai pelengkap pipa HDPE. Sambungan Pipa HDPE berguna untuk menentukan kecepatan atau arah pipa HDPE. Dalam pipa HDPE meskipun mempunyai fungsi yang sederhana, tapi ternyata juga mempunyai banyak istilah didalamnya. Mengetahui karakter dan istilah tersebut sebelum memasangnya bisa jadi sangat dianjurkan. Karena kesalahan sedikit saja, biasanya akan berdampak besar, hal ini biasa ditandai dengan munculnya kebocoran di kemudian hari. Salah satu istilah dalam pipa HDPE adalah fitting HDPE. Fitting HDPE merupakan salah satu komponen dalam pipa yang mempunyai fungsi untuk merubah suatu aliran yaitu memperbesar / memperkecil aliran. Dan dalam fitting HDPE juga ada banyak sekali jenisnya. Jika anda belum mengetahui apa saja jenis dari fitting HDPE, berikut berbagai jenis dari fitting HDPE yang bisa anda ketahui.

BACA JUGA : TIPS MUDAH MENYAMBUNG DAN MEMELIHARA PIPA HDPE

Jenis- Jenis Fitting HDPE

  1. Fitting HDPE Elblow

Salah satu jenis fitting HDPE adalah elblow. Elblow merupakan jenis fitting HDPE yang mempunyai tugas untuk membelokan arah suatu aliran. Secara umum elbow terdiri dari dua jenis yaitu 45 dan 90 derajat. Jika pengguna ingin mendapatkan sudut selain sudut yang sudah sebutkan di atas, terkadang elbow tersebut di potong atau juga bisa membuat elbow sendiri baiasanya sering di sebut elbow segmented.

  1. Fitting HDPE Tee

Selain jenis fitting HDPE Elbow, jenis fitting HDPE lainnya adalah fittinh HDPE Tee. Fitting HDPE tee juga termasuk suatu koneksi fitting HDPE yang mempunyai cabang, biasanya dari masing – masing cabang mempunyai ukuran yang sama dengan ukuran pipa uatamanya yang biasa kita sebut dengan straight tee sedangkan kalo masing – masing cabang berbeda disebut dengan reducer tee. Fitting hdpe tee mempunyai tugas untuk membagi aliran.

  1. Fitting HDPE Reducer

Fitting HDPE tipe Reducer merupakan salah satu jenis fitting HDPE yang bertugas me-reduce yang berarti mengurangi aliran. Mengurangi dalam arti ini bukan seperti valve, tapi mengurangi dalam tipe fitting HDPE reducer ini adalah mengurangi atau memperkecil ukuran pipa HDPE.

  1. Fitting HDPE Reducer Tee

Jenis fitting HDPE selanjutnya adalah pipa fitting HDPE Reduce Tee. Fitting HDPE tipe Reducer tee ini mempunyai fungsi hampir sama dengan fitting HDPE tee yaitu membagi suatu aliran. Bedanya dengan fitting tee adalah fitting tee membagi suatu aliran dengan atem terpisah dalam artian fitting tee menggabungkan beberapa pipa HDPE. Namun kalau Reducer tee percabangan langsung dari pipa HDPE yang mempunyai fungsi menggantikan Reducer tee. Jadi bisa fitting HDPE Reducer ini bertugas menggabungkan pipa HDPE dari diameter yang besar ke diameter yang lebih kecil atau sebaliknya.

  1. Fitting HDPE Stub End

Jenis fitting HDPE yang terakhir adalah fitting HDPE Stub End. Jenis fitting HDPE Stub End ini berbeda dengan keempat tipe fitting HDPE yang telah jelaskan di atas, Fitting HDPE stub end berfungsi untuk menghentikan aliran pada ujung pipa, fitting ini dilas langsung dengan pipa utamanya. Ada juga yang membuat penutup aliran yang dapat di bongkar dan dilepas, namun harus menggunakan sambungan flange adaptor.

Selain kelima jenis fitting HDPE ada juga jenis aksesoris dalam fitting HPDE ini. Karena proses sambung atau fitting pipa, pada dasarnya merupakan bagian penting dalam sistem perpipaan. Hal ini yang kemudian mengenalkan pada beberapa jenis aksesoris yang sering digunakan dalam proses instalasi. Beda bentuk, ukuran dan karakter, tentu beda pula fungsinya. Dengan demikian, berikut pembahasan mengenai jenis dan aksesoris dalam fitting HDPE.

  • Socket

Jenis aksesoris fitting HDPE pertama adalah Socket. Aksesoris ini biasanya digunakan untuk menyambung pipa, tujuannya memperpanjang pipa dengan menyambung lurus satu pipa dengan pipa yang lain.

  • Flange

Jenis aksesoris fitting HDPE selanjutnya adalag flange. Flange merupakan sebuah mekanik yang bertujuan untuk menyambungkan 2 buah pipa yang masing-masing mempunyai flange juga, flange dikombinasikan dengan mur dan baut, tanpa 2 hal ini flange tidak dapat dipakai, jumlah mur dan baut yang digunakan pada flange tergantung dari jenis flange itu sendiri, jenis flange bermacam-macam sesuai dengan kebutuhan, begitu juga bahan dari flange ada yang terbuat dari plastik, HDPE bahkan besi.

Demikianlah pembahasan mengenai jenis dan aksesosir fitting HDPE. Jika anda tertarik, anda bisa membelinya pada supplier atau distributor terpercaya.

 

jenis fitting hdpe