Distributor Mesin HDPE dan Metode Penyambungan Pipa HDPE

Distributor mesin hdpe – Cara penyambungan pipa berjenis HDPE dapat dilakukan sesuai kebutuhan dengan berbagai macam metode, misalnya saja untuk pemasangan jaringan perpipaan di lokasi yang sulit bisa menggunakan pipa yang berdiameter kecil berbentuk roll dan biasanya menggunakan metode fitting mechanical joint. Selain itu bisa juga pada pemasangan jalur utama menggunakan pipa berdiameter besar, umumnya sistem penyambungan yang direkomendasikan adalah metode butt fusion.

Ada kelebihan dan kekurangan dari setiap metode penyambungan pipa HDPE, sebagai contoh jika saluran pipa yang berukuran kecil digunakan dalam bentuk roll maka sistem yang bisa dipakai dengan menggunakan mechanical joint terutama jika memasang pipa HDPE di lokasi-lokasi yang sangat sulit seperti perbukitan yang mengharuskan melakukan mobilisasi untuk memperlancar proses pengerjaannya. Untuk lebih jelasnya, ada tiga cara untuk melakukan metode penyambungan pipa HDPE diantaranya :

  1. Metode Mechanical Joint

Metode ini adalah metode yang paling sederhana karena sangat mudah pada proses pengerjaannya. Caranya sangat sederhana karena tidak menggunakan mesin pemanas electro fusion atau welding machine. Penyambungan pipa HDPE dengan metode mechanical joint menggunakan aksesoris fitting pipa berjenis compression joint. Penyambungan ini mempunyai karakter penguncian yang menggunakan sistem dratting. Mesin HDPE ini biasanya didukung aksesoris penyambungan yang komplit dan bisa membantu Anda mendapatkan jalur pipa yang sesuai. Adapun beberapa aksesoris yang memungkinkan pipa ini bisa disambung dengan jenis pipa yang lain, semisal pipa besi dan pipa PVC.

  1. Metode Butt Fusion

Sesuai namanya, metode penyambungan ini biasanya dilakukan dengan cara merekatkan bagian ujung (butt) untuk bertemu ujung lainnya. Perekatan dengan metode ini menggunakan bahan berkarakter thermoplastik, sehingga akan meleleh ketika dipanaskan, tapi akan mengeras setelah proses pendinginan. Proses penyambungan burt fusion biasanya memakai mesin pemanas secara khusus, dikenal juga sebagai welding machine. Selain itu, mesin penyambung ini biasanya dilengkapi oleh beberapa bagian, seperti :

  • Pengikat Pipa atau Ragum

Bagian ini berfungsi untuk menjaga stabilitas fitting yang akan disambung. Sebab metode penyambungan pada pipa HDPE ini dilakukan dengan cara statis.

  • Pemanas Anti Lengket

Bagian ini berperan untuk memanaskan sisi fitting HDPE yang hendak disambung, melalui 2 bagian yang dapat menghantarkan panas dengan bersamaan. Tujuannya, melelehkan 2 bagian fitting yang hendak disambung antara satu dan yang lainnya.

  • Mesin Pemotong

Mesin yang satu ini berfungsi untuk meratakan dan menghaluskan bagian yang akan disambung, lewat penyerutan. Sama seperti alat pemanas, alat tersebut bekerja dengan 2 bagian yang berjalan bersamaan.

  • Panel Penggerak

Untuk mesin fitting HDPE manual, panel bisa bekerja atau bisa digerakkan dengan cara manual. Sedangkan pada mesin HDPE otomatis, biasanya panel bisa digerakkan hanya dengan menekan tombol, menggunakan mesin hidrolis.

  • Panel Khusus

Panel khusus umumnya berperan sebagai monitor, tepatnya memantau berapa besarnya suhu pada mesin pemanas yang menyala, lalu berapa lama pemanasan yang terjadi sebelum alat pemanas tersebut diangkat.

Sama halnya dengan metode fitting pipa HDPE Mechanical joint, metode butt fussion pun memungkinkan Anda untuk membuat jalur instalasi perpipaan yang sesuai harapan. Hal tersebut dikarenakan dukungan dari berbagai aksesoris yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan. Adapun ketersediaan aksesoris umumknya tersedia sesuai dengan ukuran terkecil pada welding machine. Walaupun demikian, agar hasilnya lebih optimal, maka cara tersebut direkomendasikan untuk dilakukan pada pipa berukuran di atas 75mm. Jika Anda menginginkan produk pipa HDPE, bisa mendapatkannya di distributor pipa HDPE Surabaya.

distributor mesin hdpe

 

 

error: Content is protected !!