Ini Dia Produk Pipa PPR

Ini dia produk Pipa PPR! Pipa PPR merupakan salah satu produk pipa thermoplastik yang memiliki karakter unik. Karena sifatnya ini mampu mengalirkan air bersuhu tinggi dan bertekanan.

Bernama Pipa-PPR atau PPR pipe sebab produk yang satu ini telah diproduksi dari bahan baku Polypropylene Random (PP-R) type 3. Bahan baku PP-R 80 ini merupakan standar bahan baku untuk pipa thermoplastik pada saluran sanitasi air panas dan dingin.

Pipa PPR ini telah ditawarkan dari diameter ½ sampai 6 inch, dengan panjang optimal 4 meter setiap batangnya. Untuk aplikasi ini setiap kebutuhan saluran air panas atau dingin yang bertekanan. Produk PPR Pipe di Indonesia sudah menawarkan dengan dominan warna hijau. Meski demikian beberapa merk telah menawarkan produk jenis ini dengan warna lain seperti ada putih dan abu-abu.

Penyambungan Pipa PPR ini dapat dilakukan dengan metode persenyawaan sempurna bahan thermoplastik. Metode ini pun memungkinkan bagian dari sambungan memiliki kekuatan setara dengan badan pipa. Dengan begitu, pipa jenis PPR ini memiliki metode sama dengan salah satu penyambungan pipa HDPE. Yaitu dengan menggunakan metode heat fusion. Cara ini pun telah dilakukan dengan menggunakan mesin PPR khusus yang biasa dikenal dengan istilah polyfusion.

Meskipun prosedur penyambungan pipa ini dapat dilakukan dengan cara electrofusion dengan menggunakan aksesoris PPR yang khusus. Untuk ukuran besar, Pipa PPR pun dapat disambung dengan mekanisme butt fusion. Mekanisme dari pemanasan dengan tujuan persenyawaan sempurna ini, membuat sambungan antar pipa memiliki kualitas yang luar biasa. Bahkan tidak akan ditemukan sekat di bagian sambungan, sehingga pada bagian ini memiliki kekuatan seperti pada badan pipa.

Dengan proses penyambungan yang sesuai rekomendasi ini akanmemungkinkan saluran Pipa PPR ini memiliki usia penggunaan sampai dengan 50 tahun. Dengan kekuatan tinggi, dan anti bocor, saluran ini pun memungkinan kamu bebas biaya perawatan.

Kelebihan Pipa PPR

  1. Pipa PPR ini memiliki banyak kelebihan, yaitu terutama untuk saluran air panas dan dingin yang bertekanan penunjang kebutuhan sanitasi.
  2. Lalu Higienis, bahan baku yang tidak mudah rusak membuat produk Pipa PPR ini higienis. Sehingga akan aman digunakan untuk saluran air bersih yang bersuhu tinggi dan bertekanan.
  3. Pada sistem penyambungan pipa PPR ini dapat dilakukan dengan dua cara serta didukung oleh ratusan jenis aksesoris yang beragam diameter.
  4. Kelebihan Pipa PPR selanjutnya yaitu mendukung sistem penyambungan ulir. Aksesoris pada sistem ulir biasanya dibutuhkan untuk proses penyambungan pipa dengan jenis lain, ataupun aksesoris lain seperti valve dan sebagainya.
  5. Abrasi merupakan salah satu penyebab pada usia penggunaan pipa menjadi lebih pendek. Pipa jenis PPR ini memiliki kelebihan anti abrasi, sehingga penggunaannya pun bisa sampai melebih 50 tahun lamanya.
  6. Permukaan licin akan membuat potensi pada penumpukan kotoran menjadi kecil. Hal ini yang pada akhirnya akan membuat saluran Pipa PPR terbebas dari risiko yaitu penyumbatan karena kotoran dan sebagainya.
  7. Kelenturan produk akan membuat Pipa dari bahan PPR ini tahan terhadap gempa. Juga dari  risiko benturan ringan yang dapat terjadi sewaktu-waktu ketika gempa.
  8. Kebisingan pada saluran air sudah bukan hal baru lagi untuk saluran air sanitasi. Hal ini yang telah mampu diatasi oleh produk pipa PPR. Hal ini yang jadi kelebihan dari produk pipa ini.
  9. Material bahan baku pada pipa ini ringan, yang akan membuat produk pipa PPR mudah dibawa kemana saja dan mempermudah proses instalasi.
  10. Kelebihan selanjutnya pada Pipa PPR ini memiliki daya hantar panas yang rendah. Standar produk pipa air panas yang baik yaitu sifat rambat panas yang rendah. Hal ini yang akan berguna dalam menjaga fluida panas menjadi lebih lama.
  11. Terakhir yaitu ramah lingkungan. Bahan baku dari Polypropylene Random tipe 3 ini merupakan satu diantara beberapa bahan plastik yang ramah lingkungan. Karena pada dasarnya bahan ini akan mudah didaur ulang.

Baca Juga Artikel Ini : Apa Yang Dimaksud Dengan Pipa PPR ?

Jenis Pipa PPR

Jenis dari Pipa PPR ini dibedakan berdasarkan SDR atau standard dimensi rasio antara tebal dinding dan dimensi luar pipa. Hal ini yang direpresentasikan dalam perwujudan pressure nominal (PN). Pressure nominal merupakan ketahanan sebuah produk pipa terhadap tekanan tertentu. Pada pipa PPR ini terdapat 4 jenis PN yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Tidak hanya tekanan, tetapi juga jenis suhu fluida yang akan dialirkan. Untuk dapat mengetahui beberapa jenis PN pada produk Pipa PPR, berikut ini beberapa jenis dari pipa tersebut.

Pipa PPR PN-10

Merupakan varian pipa dari bahan PPR yang memiliki varian tekanan paling kecil atau yang rendah. Sesuai namanya, produk ini telah mampu ditekan dengan kekuatan 10 bar ataupun Kg/Cm². Dalam aplikasinya, produk ini telah sesuai untuk saluran fluida yang sederhana.

Pipa-PPR PN-16

Jenis produk Pipa PPR ini dapat digunakan untuk aliran fluida yang bersuhu tinggi. Hanya saja untuk penggunaan yang maksimal, sebaiknya saluran ini tidak akan memiliki tekanan. Atau jika yang bertekanan cocok untuk saluran air yang bersuhu dingin.

Pipa-PPR PN-20

Jenis pipa ini telah memiliki kemampuan yang baik dalam mengalirkan jenis saluran air yang bersuhu tinggi dan bertekanan. Cocok untuk sebuah saluran sanitasi air panas dan dingin rumah tangga, lalu bangunan komersial, perhotelan dan fasilitas umum yang lain.

Pipa – PPRCT PN-22

Merupakan sebuah pengembangan produk Pipa PPR dengan peningkatan dalam hal kualitas, serta ketangguhan dan kekuatan. Produk ini pun mampu ditekan hingga 22 bar, cocok untuk saluran air panas dan dingin yang bertekanan.

Keistimewaan dari produk pipa-PPRCT ini adalah peningkatan kualitas produk. Dengan yang bertekanan hingga 22 bar, produk ini pun bahkan memiliki dinding pipa yang lebih tipis. Sehingga kelebihan pun dapat mengoptimalkan debit aliran air pada tiap meter perseginya.

Cara Memasang Pipa

Cara untuk menyambung Pipa PPR ini membutuhkan sebuah ketelitian dan kehati-hatian. Mengikuti langkah yang secara tepat akan membuat pipa-pipa ini dapat terpasang secara sempurna. Selain itu juga, pemasangan yang sesuai urutan akan lebih aman.

Langkah pertama yang akan perlu dilakukan adalah memasang alat yang bernama matrice. Hidupkan sekaligus atur pada bagian temperatur lalu setting dari Welding Machines sampai mencapai 260 derajat dalam suhu celcius.

Tercapainya suhu Pipa PPR ini dapat dilihat dari tanda yang ditunjukkan oleh lampu indikator. Proses selanjutnya yaitu proses pemasangan klem pipa yang akan digunakan sesuai dengan ukuran yang dipilih.

Pemotongan pada bagian ujung pipa ini diperlukan agar pipa tersebut dapat tersambung dengan baik. Pangkas sekitar 1 cm dari ujungnya lalu kamu beri tanda sesuai dengan kedalaman socket. Berilah tanda pada bagian kedalaman socket sampai mencapai 1-2 mm.

Jadi, Pipa PPR ini merupakan pipa yang memiliki banyak kelebihan. Jadi buat kamu yang bingung cari produk pipa apa. Maka pipa jenis ini bisa kamu gunakan dan tahan lama.

Ini Dia Produk Pipa PPR

error: Content is protected !!