Mengenal Beragam Jenis Aksesoris Pipa

Mengenal Beragam Jenis Aksesoris Pipa

Adanya aksesoris khusus untuk pipa menjadi elemen paling penting untuk bisa mewujudkan sistem saluran air yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun informasi yang minim biasanya akan membuat sebagian orang mengalami kesalahan ketika berbelanja aksesoris fitting yang dibutuhkan.

Hampir semua produk pipa yang ada di Indonesia mempunyai aksesoris pipa pendukung dengan desain yang disesuaikan. Misalnya saja pipa HDPE, PPR, PPV dan yang lainnya tentu memiliki aksesoris pipa yang sesuai dengan kondisi pipanya.

Karena tidak hanya memperhatikan pada desainnya saja, pembuatan aksesoris untuk pipa biasanya juga akan sangat disesuaikan dengan bahan dari pembuatan pipanya. Hal ini dinilai sangat penting, apalagi untuk produk pipa yang harus disambung menggunakan metode persenyawaan sempurna.

Untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, berikut ini adalah beberapa nama aksesoris pipa yang sering dijual oleh distributor pipa HDPE dan pipa lainnya.

Macam-Macam Aksesoris Pipa

Seperti halnya produk pipa maka akesoris pipa juga akan didesain serta diproduksi menggunakan bahan yang sama atau setidaknya bisa saling mendukung. Fungsinya adalah agar bisa mewujudkan berbagai jenis jalur saluran sesuai yang dibutuhkam.

Proses instalasi pipa jenis apapun yang sering kali membutuhkan aksesoris agar bisa mewujudkan jalur belokan, penyambungan serta penyimpangan menggunakan akesoris atau jenis pipa lainnya. Sampai saat ini beragam produk pipa akan membuat jumlah fitting pada pipa mengalami revolusi bentu serta fungsi sampai jumlahnya mencapai ratusan.

Socket atau coupler

Socket atau dinamakan juga coupler adalah aksesoris untuk pipa, gunaknya adalah untuk penyambungan lurus yang akan menyatukan 2 pipa dengan diameter yang sama. Jenis aksesoris ini merupakan jenis yang selalu digunakan pada jenis pipa plastic, misalnya saja PVC, PPR, atau HDPE. Untuk cara kerjanya akan sangat beragam, tergantung pada jenis pipa serta metode sambungan apa yang akan Anda gunakan. Untuk lebih jelasnya, coba Anda tanyakan pada supplier pipa HDPE.

Elbow atau knee

Elbow atau disebut juga knee merupakan sebutan untuk aksesoris pipa yang manfaatnya adalah membelokan jalur pada saluran sampai 90 derajat atau bisa juga hanya 45 derajat. Dengan bentuknya yang siku sehingga penyebutannya adalah elbow atau knee. Aksesoris jenis ini hampir terdapat pada semua produk pipa, baik pipa dengan bahan plastic atau pipa dengan bahan non plastic. Namun, perbedaanya tentu saja ada. Anda bisa melihat perbedaanya pada metode penyambungan untuk beragam jenis pipa. Selain itu, aksesoris pipa ini juga bisa diaplikasikan pada proses pemasangan yang beragam atau dengan metode penyambungan semua jenis pipa.

Reducer

Selanjutnya adalah reducer yang merupakan salah satu aksesoris pipa dengan memanfaatkan sambungan lurus. Namun, aksesori jenis reducer hanya bisa digunakan untuk proses penyatuan 2 pipa dengan diameter yang berbeda-beda. Aksesoris reducer juga bisa Anda temukan pada beragam jenis pipa. Bisa pipa dengan bahan plastic atau pipa dengan bahan non plastic. Sedangkan untuk mekanisme instalasi nya pun bisa Anda sesuaikan dengan jenis serta metode penyambungan apa yang ingin Anda gunakan.

Tee

Tee merupakan aksesoris pada pipa yang memiliki manfaat untuk membagi saluran pada pipa misalnya menjadi 3 cabang. Bentuknya memang seperti hufu “T” sehingga penamaanya juga adalah Tee. Penggunaan aksesoris ini kerap kali dikombinasikan dengan bagian sisi atas yang miringnya mencapai 45 derajat, atau biasa dikenal dengan sebutan Y Branch. Aksesoris pipa ini juga sering digunakan pada pipa yang mempunyai diameter sama atau satu sisi pada bagian tengahnya dengan diameter berbeda. Tee jenis ini biasanya akan dikenal dengan istilah reducing tee.

Clamp saddle

Selanjutnya adalah clamp saddle, merupakan aksesoris untuk pipa yang juga fungsinya hampir sama dengan aksesoris tee. Namun aksesoris ini akan sangat ditekankan pada kegiatan repair serta perbaikannya. Selain itu untuk proses pemasangan aksesori ini juga tidak akan mempertemukan bagian ujung pipa dengan bagian ujung lainnya. Namun bagian badan pipa yang akan dilubagi kemudian akan membuat jalur untuk saluran baru. Sedangkan untuk prosedur pemasangan pada aksesoris ini akan dilakukan dengan cara pengencangan pada bagian mur dan bautnya.

Male atau female joint

Istilah male atau female biasanya akan mengacu pada jenis sambungan drat yang akan digunakan untuk sebuah aksesoris pipa. Male akan digunakan sebagai istilah untuk penyebutan drat luar, sedangkan female akan digunakan untuk menyebutkan bagian drat dalam. Hanya saja untuk jenis pipa PVC istilah ini akan diganti dengan valve untuk drat luar dan faucet untuk bagian drat dalam. Hanya penyebutannya saja yang berbeda, jadi Anda tidak perlu bingung ya.

Fungsi dari aksesoris ini adalah untuk bisa menyambungan saluran menggunakan aksesoris atau jenis pipa menggunakan metode ulir dan juga metode drat. Tidak hanya untuk penyambungan lurs, tapi mekanisme sambungan dengan drat juga sering kali dikombinasikan dengan banyak jenis fitting, misalnya saja dengan aksesoris tee atau elbow.

Flange adaptor

Flange merupakan aksesori penting yang biasanya akan digunakan sebagai pendukung pada metode penyambungan flange to flange join. Metode yang akan memungkinkan bagian jalur pipa bisa dipasangkan serta dilepaskan sesuai dengan kebutuhan dan juga mekanisme penguncian mur dan bautnya. Pada beberapa jenis aksesoris ini biasanya juga dilengkapi dengan lubang baut namun untuk jenis lainnya misalnya saja pipa HDPE cara ini tidak dapat dilakukan menggunakan backing ring sebagai salah satu tumpuan untuk kunci baut dan juga mur.

Cap

Yang terakhir adalah jenis aksesoris cap. Jenis aksesoris ini mempunyai manfaat untuk bisa menutup bagian ujung jalur sehingga pada bagian salurannya tidak akan keluar dari tempat yang bahkan tidak Anda inginkan. Aksesoris ini sangatlah sederhana dan banyak ditemukan pada beragam jenis pipa baik yang plastic atau non plastic.

Itulah 8 Jenis aksesoris pada pipa yang dapat Anda ketahui. Jika Anda belum benar-benar paham mengenai manfaat penggunaan serta metode apa yang harus digunakan saat akan membeli aksesoris diatas, Anda sebaiknya bertanya pada penjual pipa untuk mengurangi kesalahan. Karena pada dasarnya setiap aksesori dan teknik penyambungannya akan berbeda.

Misalnya saja ada pipa yang harus menggunakan metode solbent cement, yaitu penyambungan dengan cara persenyawaan pada bagian luar pipa dan bagian dalam fitting. Prosedur ini cukup mudah Anda lakukan bahkan tanpa harus menggunakan mesin sekalipun. Atau ada juga penggunaan teknik rubbering joint yang hanya cukup dengan memaskukan bagian pipa menggunakan gelang karet pada bagian ujung pipa lainnya. Atau ada juga metode mechanical yang akan membantu Anda untuk mencegah terjadinya kebocoran serta kerusakan pada bagian pipa dengan pengaplikasiaanya tanpa membutuhkan bahan kimia. Ada beragama aksesoris, ada beragam teknik, sehingga informasi mengenai pipa tentunya akan sangat Anda butuhkan.

Mengenal Beragam Jenis Aksesoris Pipa