Mengenal Kekuatan Pipa HDPE untuk Saluran Air Bersih

Pipa HDPE merupakan jenis pipa terbaik yang digunakan untuk proyek saluran air bersih. Pipa jenis HDPE adalah pipa dengan ciri khas warna hitam dengan empat strip biru sepanjang badan pipa dan sering digunakan sebagai jaringan induk air bersih untuk distribusi rumah tinggal atau bangunan-bangunan lainnya. Di Indonesia sendiri penggunaan pipa jenis HDPE sudah sangat banyak, terutama digunakan oleh PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum).

Pipa jenis HDPE dipilih sebagai jaringan induk air bersih karena pipa ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan pipa logam atau pipa plastik lainnya. HDPE terkenal sebagai bahan plastik yang nontoxic dan aman digunakan untuk air konsumsi karena tidak akan mencemari air bersih yang mengalir di dalamnya dan antikarat. Artikel ini akan membahas kekuatan pipa ini lebih lengkap lagi.

Pipa HDPE Cocok untuk Saluran Air Bersih

Kelebihan Pipa Jenis HDPE

Lebih Ringan
Dibandingkan dengan pipa besi jika digunakan untuk saluran air bersih, pipa jenis HDPE tentu memiliki bobot yang lebih ringan. Kelebihan ini mempermudah proses instalasi dan mobilisasi dalam proses pembangunan jaringan saluran air bersih.

Ramah Lingkungan dengan Standar Food Grade
Karakter bahan baku yang terbuat dari polietilena bermassa jenis tinggi ini sangat istimewa. Ikatan antarmolekul yang kuat membuat bahan ini tidak mudah rusak karena kekuatan dan elastisitas tinggi sementara tingkat keretakan rendah.

Potensi ini membuat bahan HDPE tidak mudah rusak dan tidak mencemari aliran air bersih sehingga sesuai dengan standar food grade. Apalagi pipa ini sering digunakan sebagai saluran air untuk memasak. Selain itu, seperti produk thermoplastik lainnya, pipa ini tidak mengalami masalah karat seperti pipa besi yang dapat mencemari aliran air. Sementara itu bahan yang mudah di daur ulang membuat pipe HDPE lebih ramah lingkungan.

Standart food grade ini membuat bahan HDPE aman digunakan untuk produk peralatan makan hingga saluran air bersih bertekanan.

Kekuatan Pipa HDPE untuk Saluran Air Bersih

Awet dan Bebas Perawatan
Usia pemakaian yang bisa mencapai 50 tahun dan bebas biaya perawatan merupakan kekuatan pipa jenis ini yang mampu membantu dalam pembangunan jaringan saluran air bersih. Pipa ini memiliki frekuensi perbaikan atau pemeliharaan terendah per kilometer dari pipa per tahun dibandingkan dengan semua bahan pipa bertekanan lainnya.

Tahan Dalam Berbagai Cuaca
Pipa ini cocok digunakan dalam berbagai wilayah bahkan dalam cuaca ekstrem sekalipun. Selain tahan terhadap suhu hingga 60 derajat Celcius sehingga cocok dipasang pada kawasan tropis seperti Indonesia, pipa jenis ini juga tahan terhadap suhu rendah.

Masalah suhu sekitar kawasan tropis hingga 35 derajat Celcius memang menjadi masalah tersendiri dalam jaringan perpipaan. Terutama jika menggunakan produk pipa dengan ketahanan rendah terhadap suhu tinggi. Ketahanan hingga 60 derajat Celcius ini membuat keistimewaan pada pipa jenis HDPE. Hal ini membuat produk bisa ini dapat digunakan untuk saluran air dalam maupun luar ruangan.

Tahan Terhadap Benturan
Kekuatan lain adalah pipa ini tahan terhadap benturan. Terutama ketika saluran air mengalami masalah benturan secara tiba-tiba. Baik saat proses instalasi maupun dari benda lain di sekitar saluran. Kemampuan ini membuat pipa HDPE cocok untuk berbagai medan baik berbatu, rawa, perbukitan hingga sebagainya.

Semua keunggulan dan kekuatan tersebut di atas membuat pipa HDPE adalah solusi biaya efektif untuk berbagai masalah perpipaan dan saluran pendistribusian air bersih.

Mengenal Kekuatan Pipa HDPE untuk Saluran Air Bersih