Metode Penyambungan Pipa Memakai Mesin HDPE

Mesin HDPE merupakan alat untuk menyambung pipa thermoplastik berjenis high density polyethylene (HDPE). Mesin pipa HDPE bisa dikatakan sebagai alat untuk menyambungkan fitting atau pipa HDPE antara satu pipa dengan pipa yang lainnya. Peralatan ini memanfaatkan metode pelelehan melalui cara pemanasan, dengan begitu bagian sambungan pipa akan bersenyawa secara sempurna. Biasanya persenyawaan dengan sempurna bisa terjadi untuk proses penyambungan dari bahan polyethylena yang berdensitas tinggi. Metode tersebut memungkinkan sambungan akan menyatu tanpa sekat dengan sempurna.

Metode penyambungan fitting HDPE tersebut menggunakan karakter yang berbahan termoplastik, khususnya berjenis PE-HD, yang biasa dikenal sebagai material HDPE. Material jenis ini pada umumnya akan meleleh ketika dipanaskan pada suhu tinggi, yakni mencapai 220oC. Sedangkan ketika dibelah, sambungan tersebut tak mempunyai sekat. Walaupun demikian, metode ini dapat meninggalkan lipatan, di luar dinding maupun di dalam dinding pipa.

Mesin HDPE Pada Metode Butt Fusion Joint

Pada penyambungan pipa berjenis HDPE, ada 3 metode yang dapat dilakukan.Cara tanpa memakai alat penyambung seperti Mechanical joint, dengan elektro fusion dilengkapi alat khusus dan fitting sekaligus metode menggunakan mesin HDPE bernama Butt fusion joint. Bernama butt fusion, dikarenakan metode tersebut menyambungkan antara bagian ujung fitting atau pipa dengan bagian yang lain. Metode tersebut dilakukan dengan cara memanaskan kedua ujung bagian tersebut menggunakan HDPE, lalu disatukan kembali.

Proses pendinginan yang dilakukan dapat membuat bagian sambungan dapat menyatu sempurna. Biasanya bagian tersebut mempunyai kekuatan seperti halnya pada badan pipa. Dengan begitu, memungkinkan saluran pada pipa berjenis HDPE ini dapat digunakan dengan awet sampai pemakaian 50 tahun. Biasanya, welding machine pada mesin atau pipa HDPE mempunyai 2 jenis tipe, diantaranya tipe manual dan tipe otomatis. Kedua tipe tersebut dibedakan sesuai cara penggerakan pipa ketika proses penyambungan antara satu dengan sambungan pipa yang lainnya.

Mesin HDPE secara manual adalah peralatan untuk menyambung pipa HDPE dengan memanfaatkan daya dorong secara manual, tanpa menggunakan mesin. Peralatan tersebut dipakai menggunakan tenaga manusia, atau dengan cara diputar menggunakan tuas khusus dalam memaju-mundurkan sambungan pipa saat pemanasan, penyerutan dan penyambungan. Mesin penyambungan secara otomatis, biasanya memakai mesin khusus untuk mendorong gerakan pada pipa tanpa harus menggunakan teknik pendorongan manual. Adapun media pendorong pada alat ini memanfaatkan hidrolis, maka dari itu biasa dikenal juga sebagai mesin HDPE hidrolis.

Mekanisme Penyambungan Menggunakan Mesin HDPE

Umumnya, proses penyambungan pelelehan pipa tersebut memiliki langkah-langkah penting yang harus dilakukan, seperti berikut :

  • Memastikan pipa terikat dengan posisi yang benar dan lurus di ragum.
  • Sesudah memastikannya dalam posisi yang benar, maka proses penyerutan dapat dilakukan. Pada dasarnya proses tersebut untuk meratakan fitting dengan ujung pipa yang akan disambung.
  • Jika sudah memiliki bagian yang rata, maka proses pemanasan pun dapat dilakukan. Metode tersebut dilakukan menggunakan temperatur sekitar 220oC, dengan waktu perkiraan bisa disesuaikan dengan ukuran diameter pipa.
  • Sesudah pemanasan dilakukan, maka kedua ujung akan didorong lalu disambung antara satu dan yang lainnya. Metode ini perlu dilakukan dengan tepat agar sambungan pipa menyatu secara sempurna.
  • Proses selanjutnya yaitu pendinginan. Pada proses ini, bagian sambungan akan didiamkan hingga beberapa menit sampai mengeras, seperti halnya pada bagian tubuh pipa.

Untuk mendapatkan pipa HDPE, kami distributor pipa hdpe menawarkan berbagai macam pipa HDPE yang dapat digunakan untuk keperluan fitting pipa.