3 Cara Pemasangan Pipa HDPE Yang Harus Anda Ketahui

3 Cara Pemasangan Pipa HDPE Yang Harus Anda Ketahui

Cara Pemasangan Pipa HDPE - Ada 3 cara pemasangan pipa HDPE yang tepat, agar pipa HDPE atau High Density Polyethylene dapat terpasang dan pastinya berfungsi dengan baik. Berikut adalah cara memasangnya ;

Proses penyambungan dengan cara Mehanical Joint

Cara pemasangan pipa HDPE yang pertama adalah system mechanical joint atau orang menyebutnya dengan fitting Compression. Ini adalah metode penyambungan yang sangat mudah dan paling direkomendasikan, untuk menyambungkan pipa berukuran diameter 20 mm hingga ukuran 63 mm.
Pertama-tama buka compression collar, lalu lepas bagian union dan ring penjepitnya.

Kemudian pasanglah union, berikutnya ring penjepit ke bagian ujung pipa. Terakhir pasang lagi compression collar, lalu kencangkan menggunakan tangan atau alat pengencang. Anda dapat melakukan hal yang sama, pada pipa lain yang akan disambungkan.

Proses penyambungan dengan cara Butt Fusion

Butt fusion atau dikenal juga dengan istilah Welding Machine HDPE Pipe, adalah teknik sambung, dengan metoda pemanasan pada kedua ujung pipa hingga beberapa derajat. Kemudan disambungkan menggunakan sebuah alat yang bernama Butt Fusion. Untuk proses penyambungan dengan teknik butt fusion ini disarankan untuk pipa ukuran diameter 63 mm ke atas.

Pertama-tama pasang ujung-ujung pipa HDPE , yang akan Anda sambung pada alat butt fusion. Berikutnya kencangkan bagian alat penjepitnya, hingga ujung pipa ada di dalam satu sumbu. Lalu ratakan ujung-ujung pipa tersebut menggunakan alat perata elektrik, hingga kedua pipa benar-benar rata dan juga bersih.

Berikutnya pasang plat pemanas diantara ujung pipa, lalu panaskan plat pemanas tersebut hingga titik senyawa muncul. Terakhir sambung dan tekan kedua ujung pipa yang sudah dipanaskan sebelumnya. Tekan hingga persenyawaan yang sesuai.

Proses penyambungan menggunakan Electro Fusion

Electro fusion, adalah cara pemasangan pipa HDPE yang ketiga atau yang terakhir. Teknik penyambungan pipa yang satu ini, memanfaatkan aliran listrik dan membuat pipa menjadi panas, hingga menyatu dengan pipa lainnya dengan sangat baik. Hal ini terjadi akibat panas yang terjadi dari kedua sambungan pipa tersebut.

Pertama-tama, bersihkan dahulu bagian ujung pipa yang akan disambung. Lalu pasang ujung pipa yang akan disambung tersebut ke bagian electro fitting. Berikutnya hubungkan elektroda yang ada pada electro fusion, ke bagian electro fitting, lalu nyalakan.

Baca Juga :

Pengertian Pipa HDPE Surabaya
Distributor & Supplier Pipa HDPE
Aneka Sambungan Pipa PVC

Pastikan persenyawaan antara sambungan sudah terjadi, dengan indikator warna kuning yang terlihat jelas Adapun cara pemasangan pipa HDPE yang disebutkan di atas, dapat Anda gunakan secara sendiri-sendiri, atau dikombinasikan.

Misalnya saja teknik Jointing System dengan menggunakan backing ring. Atau dismantling join dengan menggunakan rubber gasket, lalu dijadikan sebagai sistem sambungan. Proses penyambungan seperti ini, tentunya dapat digunakan, dengan catatan kedua pipa yang akan disambung mempunyai jenis yang berbeda