4 Teknik Mesin Pipa HDPE dan Daftar Alat yang Dibutuhkan

Dalam praktiknya, mesin pipa HDPE dibutuhkan dalam proses penyambungan atau fitting pipa PE-100. Umumnya jenis pipa ini menggunakan metode heat fusion untuk menekan risiko kebocoran sampai 0%. Kemudian, di bawah ini ada empat jenis sambungan yang diterapkan dalam pemasangan pipa HDPE.

  1. HDPE segmented butt fusion fitting

Dalam jenis penyambungan ini, pipa HDPE akan dipotong untuk disambungkan lagi berdasarkan bentuk fitting yang Anda inginkan. Mesin butt fusion khusus pun digunakan untuk mendapatkan jenis sambungan segmented tersebut. Ada pun keuntungan dari proses fitting ini adalah bentuknya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pipa. Sementara material penyambungan akan menguatkan sambungan pipa, karena bahannya sama-sama terbuat dari material HDPE, sehingga peluang bocor akan sangat kecil. Harganya memang ekonomis, tetapi prosesnya tidak terlalu cepat dan bentuknya kadang kurang impresif.

  1. Injection molded HDPE fitting

Berbeda dengan jenis sambungan di poin sebelumnya, molded fitting merupakan tipe yang paling sering dipakai karena sudah diproduksi pabrik, sehingga mudah Anda dapatkan. Molded fitting pun mempunyai ketahanan kuat dengan kualitas terjamin. Pasalnya, jenis sambungan ini sudah melewati tahap quality check di pabrik. Meski demikian, molded fitting memiliki kelemahan, yakni bentuknya yang cenderung tak fleksibel. Selain itu, ada beberapa bentuk sambungan yang sukar dicari karena tidak diproduksi banyak. Akan tetapi, sambungan yang bentuknya umum lebih bervariasi dan bentuknya menarik.

  1. Compression fitting

Jenis sambungan selanjutnya yang harus Anda ketahui adalah compression fitting. Tipe fitting ini akan lebih sering Anda jumpai di saluran perumahan. Dibandingkan dua jenis fitting sebelumnya, compression fitting mempunyai tahap pemasangan atau penyambungan, karena tidak membutuhkan mesin HDPE. Lantas, compression fitting sering kali diterapkan pada pemakaian pipa-pipa kecil dengan diameter dari 20 mm sampai 110 mm untuk menyambungan jaringan pipa PE-100. Jadi, kalau Anda ingin memasang pipa air di rumah, sebaiknya pilih compression fitting unttuk menyambungkannya.

  1. Electrofusion fitting

Terakhir, ada electrofusion fitting yang mengandalkan mesin elektrofusion yang membuatnya jadi lebih efektif, sekaligus paling mahal harganya dibandingkan jenis sambungan lain. Electrofusion fitting paling sering digunakan untuk pipa HDPE pada saluran gas yang berperan sebagai pencegah kebocoran gas. Jenis sambungan ini pun dapat diterapkan buat pipa-pipa saluran lain. Kelebihan yang akan didapatkan dari electrofusion fitting adalah sambungan kuat, karena adanya lilitan elemen pemanasan. Kendati tipe ini dibanderol dengan harga mahal, pemasanganya relatif cepat dan mudah.

Alat-alat yang digunakan dalam fitting pipa

Anda mungkin tidak terjun langsung dalam tahap pemasangan, tetapi pastikan tukang yang menjalankan fitting mempunyai alat-alat ini:

  • Kuas cat. Kuas dipakai untuk mengoleskan lem pada pipa maupun sambungan. Pastikan jenis dan ukurannya sesuai dengan pipa HDPE;
  • Pemotong pipa. Pemotong khusus ini bisa Anda beli toko material bangunan;
  • Amplas. Benda ini digunakan untuk memberihkan serpihan pipa selepas pemotongan;
  • Pembersih pipa. Thinner atau aeston dapat Anda jadikan opsi untuk membersihkan pipa HDPE agar bersih dan cemerlang;
  • Chamfering pipa. Kikir dapat memudahkan pipa supaya masuk ke dalam sambungan;
  • Spidol atau pensil. Dengan pena atau pensil, Anda bisa memberikan tanda pada pipa;
  • Jointing tackle. Alat ini biasanya dipakai untuk pipa berdiameter besar agar bisa masuk dengan mudah ke sambungan.

Selain alat-alat fitting, siapkan mesin yang dapat Anda peroleh dari distributor mesin HDPE tepercaya.

mesin pipa hdpe