Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Membawa Pulang dari Supplier

Pernahkah Anda mendengar pipa HDPE Surabaya? Orang-orang yang membutuhkan pipa air dengan kualitas tinggi akan mengandalkan jenis pipa ini. Pipa air rentan mengalami kerusakan mengingat akan ditanam dalam tanah dalam jangka waktu lama. Jika Anda membeli jenis pipa yang salah, kemungkinan bocor hingga patah lebih besar. Anda pun bakal mengeluarkan biaya tambahan untuk perbaikan atau membeli pipa baru.

supplier pipa hdpe

Di sisi lain, Anda tak bisa seenaknya membeli pipa HDPE. Ada sejumlah hal yang harus Anda perhatikan sebelum membawa pulang pipa berkualitas, di antaranya adalah:

  1. Mengenali karakteristik pipa

Pipa HDPE bukan satu-satunya jenis pipa yang beredar di pasaran. Ada pula pipa besi, pipa PVC, dan lain sebagainya yang dijual untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Setiap pipa memiliki karakteristik masing-masing yang perlu Anda ketahui. Maka, saat Anda berada di supplier pipa HDPE, pastikan Anda mengenali dulu fungsi hingga manfaatnya.

Pipa PE-100 atau HDPE adalah salah satu jenis pipa yang kerap digunakan dalam proyek air bersih. Hal ini dikarenakan karakteristik pipa yang lentur sekaligus kuat; kokoh; tak mudah berkarat. Umumnya, jenis pipa ini dipasarkan dalam bentuk gulungan panjang yang tidak akan merepotkan Anda dengan beragam fitting. Selain itu, berdasarkan sebuah percobaan, pipa HDPE mampu bertahan sampai 50 tahun.

  1. Mempelajari spesifikasi pipa

Hal selanjutnya yang harus Anda pahami adalah spesifikasi pipa tersebut. Ada banyak merk atau vendor pipa di pasaran dengan spesifikasi berbeda. Jadi, pastikan Anda sudah mengetahui ukuran, kekuatan, tekanan, dan poin-poin lain yang termasuk ke dalam spesifikasi pipa. Tindakan ini akan membantu Anda menyesuaikan bujet hingga kebutuhan.

Bagaimana dengan pipa HDPE? Produk bermutu baik tidak akan mudah rusak dalam sekali benturan atau insiden lainnya. Perlu diingat pula bahwa spesifikasi untuk pipa air bersih, air pompa, air limbah, maupun air buangan mempunyai spesifikasi berbeda. Jika sampai salah memilih, Anda tentunya akan mengalami kerugian yang tidak sedikit.

  1. Teknik penyambungan dan fitting

Untuk menyambungkan satu pipa dengan pipa lainnya, Anda memerlukan fitting. Proses penyambungan terhadap pipa pun terdiri atas beberapa bagian. Ada fitting yang menggunakan perekat biasa, lantas ada pula yang memakai lem (solvent cement) serta prosedur pemanasan. Proses-proses tersebut mempunyai fungsi berbeda yang disesuaikan jenis pipa yang Anda gunakan.

Dalam proses penyambungan pipa PVC, misalnya, diterapkan dengan solvent sement, sedangkan fitting HDPE dan pipa PPR menggunakan teknik pelelehan atau persenyawaan sempurna. Pastikan Anda juga memperhatikan teknik penyambungan supaya pemasangan pipa berjalan lancar.

  1. Periksa ketahanan dan kekuatan pipa

Hal terakhir yang harus diperiksa saat hendak membeli pipa HDPE adalah ketahanan dan kekuatannya. Apakah pipa tersebut mampu bertahan untuk jangka waktu panjang atau hanya sementara? Apa dampak yang akan dialami pipa bila terpapar hujan atau sinar matahari? Apa saja kemungkinan terburuk yang akan dialami pipa saat ditanam dalam tanah? Pemeriksaan ini mungkin akan makan waktu yang cukup lama, tetapi akan membantu Anda menemukan vendor pipa HDPE yang dibutuhkan.

Itulah empat hal yang harus Anda lakukan untuk memperoleh pipa HDPE yang diinginkan. Banyaknya jenis pipa pun akan berpengaruh terhadap variasi harga. Namun, jangan cepat tergoda pada pipa-pipa yang dibanderol dengan harga miring, karena belum tentu kualitasnya bagus. Pastikan Anda membeli dari distributor pipa HDPE kompeten.

error: Content is protected !!